Jumat, 05 Juni 2009

Sama-Sama "Setia"

Setia adalah salah satu kata kunci keberhasilan hubungan. Setia dalam arti yang sebenarnya lho ya, bukan kiasan. Harus sama-sama saling mencintai dan menjaga perasaan pacar. 

Tapi, beda kamus, bisa beda definisi. Nah, sebagian responDet, ternyata, pakai kamus yang berbeda buat menyusun glosari pacaran. Buat mereka, "setia" punya arti lain, yaitu kepanjangan dari selingkuh tiada akhir. Lebih parah lagi, kalo pasangan salah kamus ini ternyata juga kompak. Maksudnya, kompakan "setia" alias sama-sama selingkuh. 

Hah?? Pacaran kok sama-sama selingkuh? Eits, jangan menganggap ini cuma bisa-bisanya si Det aja loh. Yup, setelah ditelusuri, ada 21,8 persen responDet yang mengaku pernah melakoni hal itu. 

Meski sama-sama melirik hati yang lain, 72,2 persen responDet dan pasangannya akhirnya juga sama-sama nggak rela diselingkuhi. Lantaran merasa bersalah, pacar pengin baikan, atau nggak cocok dengan selingkuhan, mereka lantas baikan dengan pasangan masing-masing.

ResponDet pertama yang pengin menuturkan kisah "setia"-nya adalah Debi Wulan Sari di SMA Kartika IV-3. LDR alias long distance relationship saat masih kelas X dulu sempat membuat komitmen Debi dan cowoknya jadi goyah. 

"Pernah suatu kali aku ngunjungi dia ke kotanya, nggak pake bilang-bilang dulu. Eh, di terminal, aku lihat dia lagi cipika-cipiki sama cewek lain. Kalau dari tampangnya sih, aku yakin cewek itu bukan salah satu saudaranya," cerita Debi.

Bener aja, setelah terus-menerus didesak, akhirnya cowoknya mengaku punya selingkuhan gara-gara nggak tahan LDR. Setelah itu, Debi putus hubungan dengan cowoknya selama hampir seminggu. Tapi, akhirnya mereka baikan lagi.

"Aku merasa nggak fair aja," ujar Debi. Loh? Bukankah Debi yang diselingkuhin? Hmm.. ternyata, sebelum itu, Debi juga pernah melirik ke lain hati. "Cuma, waktu itu nggak ketauan aja, he he. Sekarang aku jadi tahu gimana rasanya diselingkuhi. Sedih banget ternyata," ujar cewek yang udah hampir dua tahun jadian itu. 

Cerita selanjutnya datang dari Feelin Fatwa di SMAN 15. Cowok yang akrab disapa Bongo itu dan ceweknya juga pernah sama-sama selingkuh. "Aku dikasih tau sama sohibku yang mergokin sendiri kalau cewekku selingkuh. Waktu aku tanyain, eh cewekku nggak ngaku. Padahal, jelas-jelas ada buktinya. Aku jelas sebel banget, ditipu dua kali," ujar Bongo dengan kesal.

Merasa nggak bisa maafin ceweknya, Bongo balas selingkuh dan akhirnya dipergoki langsung oleh sang pacar. "Impas deh. Waktu dia marah, aku bilang, jadi tau kan gimana rasanya? Dia langsung diam. Jadi, sebenarnya kita berdua sama-sama nggak seneng kalau ada yang selingkuh," kata cowok yang mengaku baru saja putus itu.

Merasa masih sama-sama sayang, cewek Bongo ngajak baikan. Bongo pun nggak keberatan karena tahu ada niat baik dari ceweknya. "Kita sempat jalan lagi selama beberapa bulan sebelum putus. Tapi, kali ini putusnya bukan karena selingkuh lho, " ucap Bongo.

Serupa dengan cerita di atas, ada pengalaman Ika Kusumawati di SMKN 10. Ika pernah selingkuh dari cowoknya saat masih duduk di kelas XI lantaran pengin suasana baru. Tapi, suatu saat, ketika Ika iseng-iseng membaca inbox di ponsel cowoknya, dia nemuin sebuah folder yang isinya sayang-sayangan. Yang bikin kaget, semua SMS itu nggak satu pun yang dari Ika. "Aku langsung ngeh. Ealah, sama-sama toh... Ya udah, waktu itu aku jadi nggak merasa bersalah blas," ujarnya enteng. 

Ketika lagi jalan sama sephia-nya di suatu mal, secara nggak sengaja Ika ketemu sang pacar. Tahu ceweknya jalan dengan cowok lain, pacar Ika jelas nggak terima. Dia langsung mencak-mencak. "Pacarku langsung minta putus. Terus ya aku balikin omongan dia. Apa dia nggak pernah selingkuh? Aku gituin, dia nggak bisa jawab. Kita sempat diem-dieman, tapi dengan status nggak jelas. Putus nggak, pacaran juga nggak. Yang kasian tuh selingkuhanku, dia kayaknya agak shock," ceorocos Ika.

Setelah beberapa lama, Ika merasa ada yang kurang setelah putus dari cowoknya. Dia juga merasa selingkuhannya nggak lebih baik daripada sang pacar.. eh, mantan. Ika pun memutuskan hubungan sama sang sephia dan balik lagi dengan cowoknya.

"Ternyata, cowokku juga ngerasa lebih sreg jalan sama aku daripada selingkuhannya. Waktu itu, kita emang lagi sama-sama bosan aja. Setelah kejadian itu, kita jadi sama-sama tahu kalau masing-masing tuh nggak tergantikan," cuap cewek yang mengaku masih jalan dengan cowoknya hingga sekarang itu. 

0 komentar:

Posting Komentar