Rabu, 29 April 2009

Tips Untuk Pelupa

Lupa dapat dialami oleh semua orang. Dulu, masalah ini cenderung hanya dialami oleh para lansia (lanjut usia) yang mengalami penurunan daya ingat akibat proses degeneratif kesehatan. Tapi pada kenyataannya saat ini, gangguan fungsi memori tersebut juga makin sering didapati pada orang-orang yang masih terbilang muda.

Lupa bisa berdampak negatif. Aktivitas jadi terhambat, begitu pula sosialisasi dengan orang lain. Agar Anda tidak lagi mengalami kesulitan untuk mengingat sesuatu, cobalah tips berikut ini:

Terapkan gaya hidup sehat. Kurangan tidur, stres, jenuh, minim aktivitas dan konsumsi alkohol dalah musuh bagi memori, oleh karena itu stimulus intelektual adalah kunci meningkatkan daya ingat. Membaca, mengerjakan teka teki silang, merencanakan perjalanan, melakukan hobi atau belajar eterampilan baru seperti komputer dan bahasa asing akan sangat membantu menggiatkan dan menajamkan memori.

Berinteraksi. Berhubungan sosial dengan teman dan keluarga juga dapat membantu seseorang terhindar dari lupa. Penelitian bahkan menujukan lebih banyak seseorang berinteraksi sosial, semakin kecil mereka mengalami kerusakan fungsi kognitif dan penurunan fungsi memori.

Makanan peningkat daya ingat. Wortel mentah dan buah-buahan segar adalah makanan yang mengandung elemen nutrisi yang menstimulus fungsi otak, termasuk daya ingat. Gula alam yang terkandung dalam buah-buahan sebenarnya dapat membantu kita berpikir dan mengingat kembali informasi lebih cepat.

Olahraga teratur. Berenang, jalan kaki dan sepeda dapat memompa oksigen ke dalam otot dan meningkatkan aliran darah ke otak sehingga fungsi otak, termasuk memori bekerja secara baik.


Buat petunjuk sistem memori. Karena pertambahan usia, semakin banyak informasi yang kita terima, maka semakin besar peluang lupa. Untuk mengingatkan diri sendiri tentang hal-hal penting, Siapkan catatan yang dekat dengat Anda dan segera tulis segala hal penting termasuk tanggal, sesuatu yang perlu dilakukan, sebelum Anda lupa. Dengar baik-baik informasi penting dan buat catatan kecil untuk membenatu Anda mengingat.


Hidup aktif. Aktivitas fisik membantu memperbaiki aliran darah. Apapun aktivitas yang Anda pilih walaupun hanya berjalan pasti akan membantu menguatkan Anda.


Istirahat cukup. Saat tubuh beristirahat, berarti Anda juga memberikan kesempatan pada otak untuk melakukan relaksasi.


Letakkan di Tempat yang strategis. Letakkan kembali barang yang ambil pada tempatnya semula. Atau simpam barang tersebut ditempat yang selalu Anda lihat atau dekat sesuatu yang setiap hari Anda bawa. Misalkan, letakkan ponsel di meja di dekat pintu kamar, atau di dalam tas.

0 komentar:

Posting Komentar